Selasa, 10 Mei 2011

BAB IV
METODE PENELITIAN
A.    Desain Penelitian
             Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif, dan memecahkan masalah atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarng (Notoatmodjo, 2002).
B.     Populasi dan Sample
1.      Populasi
       Populasi adalah keseluruhan objek penelitian atau objek yang akan di teliti(Notoatmodjo, 2005). Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua pasien.
2.      Sample
       Sample adalah sebagian atau wakil populasi yang di teliti (Notoatmodjo, 2005). Cara pengambilan sample pada penelitian ini adalah dengan mengunakan accidental sampling yaitu pengambilan sample yang kebetulan ada di ruang lingkup atau wilayah penelitian tersebut dilakukan.
       Metode pengambilan Sample yang akan digunakan dalam penelitian ini Quota sampling yaitu pengambilan sample dengan cara menetapkan jumlah respondent, maka dalam penelitian ini respondent yang akan digunakan  adalah orang tua pasien anak sebanyak 30 orang yang terdiri dari usia 20-60 tahun.


C.     Alat dan Metode Pengumpulan Data
omenyebarkan kuesioner dan dengan jawaban yang sudah ditentukan agar lebih terarah.

D.    Pengolahan Data dan Analisa Data
1.      Pengolahan Data
             Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara:
a.       Editing
Pada editing dilakukan pengecekan isian kuesioner, apakah jawaban di kuesioner sudah jelas.
b.      Coding
Pada tahapan ini dilakukan pemberian kode pada jawaban pertanyaan dalam kuesioner. Kegunaan coding adalah untuk mempermudah pada saat analisis data dan juga mempercepat saat enty data
c.       Processing
Memproses data agar data yang sudah di entry dapat dianalisis, dilakukan dengan cara mengentry data dari kuesioner kepaket program komputer. Program yang digunakan adalah SPSS (statistical program for social science) versi 12.
d.      Cleaning
Pembersihan data merupakan kegiatan pengecekan kembali data yang sudah dientry, apakah ada kesalahan atau tidak.
2.      Analisa Data
a.       Analisa Univariat
         Analisa univariat digunakan untuk mengetahaui distribusi frekuensi dari setiap variabel yang diteliti.
         Analisa univariat bertujuan untuk mendapat gambaran distribusi responden atau variasi dari variabel yang diteliti. Analisa ini digunakan untuk mendeskripsikan varibel dengan cara membuat tabel distribusi frekuensi dan dihitung dengan persentase (Notoatmodjo, 2002). Memakai rumus sebagai berikut:
x100%
f : jumlah yang didapat
x : proporsi dalam jumlah persentase
n : sample

Tidak ada komentar:

Posting Komentar